Monday, April 29, 2019

Kemanakah Mahasiswa Jurnalistik ?

Selain berfungsi sebagai salah satu pilar demokrasi, media juga memiliki peran penting mencerdaskan bangsa dengan penyajian beragam berita dan informasi maupun hiburan. Namun  yang jadi pertanyaan beberapa tahun terakhir ini adalah masihkan media massa di Indonesia memosisikan dirinya sebagai media independen, objektif dan berintegritas ?

Bisa kita perhatikan ratusan bahkan mungkin ribuan berita yang disebarkan tiap hari oleh media  ini sudah sangat terang-terang tidak bersikap netral. Media saat ini sudah cenderung menjadi corong atau humas pemerintah, persis seperti yang dilakukan jaman orba.

Bahkan bagi mahasiswa jurnalistik tingkat akhir yaang akan menyusun skripsi, mereka sangat sangat mudah menemukan contoh - contoh framing berita atau kasus laian  karena begitu  berceceran hampir setiap menit berita itu disebarkan.

Namun yang paling memprihatinkan dan tak pernah terdengar adalah suara dan sikap mahasiswa jurnalistik tentang hal ini. Padahal mereka tahu media-media tersebut notabene akan menjadi masa depan di mana mereka bekerja. Tidak adakah sikap dari para mahasiswa komunikasi khususnya jurnalistik untuk menuntun kembali media-media tersebut ke jalan yang benar. Dan mereka benar-benar menjalankan fungsi-fungsi mereka sesuai dengan apa yang dipelajari di kampus.

Hingga pada akhirnya bagi siapapun yang ingin kerja di media bisa tenang bekerja karena mereka dapat bekerja sesuai dengan idealisme mereka.


No comments:

Post a Comment